BISNIS : Memilih Bisnis Berdasar CASH FLOW (2)


"Bisnis apa yang bagus ya? yang ini? atau itu? emm.."

Pernah ngalamin gitu ga si? galau bisnis namanya :D
buat pebisnis pemula biasanya gitu, awalnya bingung mau bisnis apa , selanjutnya bingung karena kebanyakan ide bisnis mana dulu yang dijalanin. #curhatdotcom

Haha.. memang iya! bisnis hampir kaya jodoh. suka bikin galau. karena setiap bisnis pasti punya kelebihan n resikonya masing-masing. tergantung bagaimana passion dan semangat kita.

Sedikit berbagi bukan untuk menggurui, beberapa artikel yang lalu saya sudah membahas tentang 5 Macam cashflow, nah sekarang coba dijabarkan kenggulannya masing-masing untuk bahan pertimbangan kita dalam kegalauan bisnis :D

Yuk dibahas !

Bisnis ber-Cashflow Harian

Memiliki kelebihan di perputaran yang cepat. Bisnis seperti ini dengan modal yang cekak, omzet bisa berlipat-lipat. Bahkan bisa jadi 2-3 kali perputaran setiap harinya. Hanya saja, karena marginnya kecil, cukup beresiko jika ada kerusakan, juga tingkat loyalitas pelanggan rendah karena rawan perang harga dengan kompetitor.

Bisnis ber-Cashflow Bulanan

Memiliki kelebihan 'stabil', karena seperti sudah dapat ikatan 'abonemen', tingkat loyalitas dan repeat order-nya lebih terjaga, namun kekurangannya pembayaran rentan kali mundur.

Bisnis ber-Cashflow Semesteran

contoh bisnis ini saat erat seperti bimbingan belajar dan sekolah. Kelemahan bisnis jenis ini tentu saja membutuhkan waktu untuk mengedukasi pasar. Namun kelebihannya jika sudah menjadi pelanggan keterikatannya kuat, jarang mereka berpindah-pindah sampai masa pembelajaran usai. Dan ciri khas lain dari bisnis seperti ini track-record mereknya dilihat dari alumninya.

Bisnis ber-Cashflow Tahunan

bagi yang berminat bisnis seperti ini tentu saja tidak bisa dipakai sebagai sandaran hidup sehari-hari. Kecuali memiliki jumlah yang banyak semisal : punya 12 kontrakan, rumah januari, februari, maret sampai desember jadi tiap bulan tentu saja ada setoran 

Bisnis ber-Cashflow Proyekan

bisnis ini sering kali menggoda secara margin, tapi harus dihitung ulang return rata-rata perbulannya. Jangan-jangan l;ebih kecil dari pada jualan sayur mayur! *ehhmm... Bisnis ini juga tidak dapat diprediksi kapan dapatnya, jadi perlu dipikirkan sumber income lain untuk memenuhi kebutuhan harian.

Nah itu semua adalah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing Cash flow yang diambil dari buku Kitab Anti Bangkru (Jaya Setiabudi).

Cash flow mana yang kamu pilih untuk bisnis??







Tidak ada komentar:

Posting Komentar