Belajar jadi LEADER dari @JayaYEA

Beberapa bulan terakhir ini saya  ketiban rejeki, bisa berinteraksi plus belajar tentang LEADERSHIP dari gurunda Jaya Setiabudi. Bukan belajar di kelas sih, bukan juga belajar teori jadi pemimpin yang baik, melainkan dari diskusi, mentoring, sampai mantengin gimana Beliau berbicara, bersikap, beride, sampai gimana saat mengambil keputusan. Dari semua kegiatan itu banyak hal-hal yang nempel banget klo jadi pemimpin kita harus :


Punya Visi & Tujuan

Seorang pemimpin tahu apa misi perusahaan/bisnis yang ia jalankan. Mereka memahami mengapa sebuah bisnis ada dan memiliki tujuan yang jelas. VISI jelas harus konkret untuk dapat dilihat, dipahami & diwujudkan oleh para pegawai dan stakeholder. Seperti sebuah visi, TUJUAN perusahaan pun harus spesifik dan dapat diukur.
 
Ber-Kompetensi

As a Leader jelas harus memiliki kompetensi agar dihormati dan diikuti oleh pegawai/ seluruh tim dalam perusahaan. Saya pernah ingat Gurunda Jaya Setiabudi pernah mengatakan bahwa, "tidak harus ahli dalam segala hal, tapi segala sesuatu ada ilmunya, bisa dipelajari, tinggal kita mau belajar apa tidak!". Akan sulit bagi kita untuk dipatuhi apabila kita tidak membekali ilmu & pengalaman dalam mengendalikan bisnis.

Punya Tim yang Kuat

Pemimpin itu bukan superman, tetapi orang yang membentuk super tim. Super tim berisi orang-orang yang ahli dibidang/bagiannya. Nah, selanjutnya tugas Pemimpin adalah mengorganisasi tim ini. Nampak mudah ya, padahal itu yang tersulit, karna menyatukan ego setiap anggota tim secara bijak jelas butuh pengalaman dan "jam terbang". 

Kemampuan Berkomunikasi & Interpersonal

Komunikasi memang menjadi menu wajibnya seorang pemimpin. Segala misi, visi, tujuan hingga target akan terwujud apabila seorang pemimpin mampu mengkomunikasikannya. Mulai komukasi dalam rapat pegawai/tim hingga berinteraksi dengan orang-orang yang mempengaruhi bisnis seperti stakeholder, investor & rekan bisnis. Dengan kemampuan berkomunikasi ini jelas akan tercipta hubungan yang baik.

Sikap "HARUS BISA"

Dalam menjalankan bisnis jelas selalu ada tantangannya. Setiap target yang akan dicapai tidak selalu mulus seperti jalan tol, tetapi juga ada kerikil hingga batu yang menganggu tapi dengan sikap "harus bisa" yang ditularkan seorang pemimpin, menjadikan segala masalah/cobaan itu jadi tantangan tersendiri. Hal ini kerasa banget saat saya diberi mandat jadi EO seorang diri di beberapa event oleh Gurunda. Banyak yang meragukan,bahkan saya sendiri sempet ragu, tapi sikap "harus bisa" yang diajarkan membuat otak selalu berputar & pada akhirnya memang BISA :))

Jadi Inspirasi & Ber-Ambisi


Pemimpin adalah seorang INSPIRATOR bagi bawahan, karyawan, tim dan orang-orang yang berinteraksi dengannya. Ya! Gurunda itu inspirator saya. Ambisi beliau tentang Goals2nya yang mendorong adanya peningkatan dan kesuksesan yang terukur, dan saya belaja banyak dari hal itu.

Itu tadi secuil ilmu berharga tentang Leadership dari guru, mentor, suhu, bapa ah lengkap! :)
yang mau belajar juga sok aja ke twitternya Beliau nih > Jaya YEA

tapi percuma juga sih kalo ga praktek. Yuk jadi LEADER! paling tidak mulai dari mimpin diri sendiri :))))

2 komentar:

  1. Ngeblooooog....

    Keper nuhuun atas sharingnya.....

    Menambah informasi tentang mas jay

    BalasHapus
    Balasan
    1. samisami, nuhun pisan juga udah mampir :)

      Hapus