Think About Brand


Mikirin tentang Brand/ merek memang tidak ada habisnya. Kenapa begitu ? Ya karna merek yang akan menjadi penanda dari sebuah produk atau sebuah perusahaan. Merek sendiri dapat terdiri dari beberapa elemen penting seperti nama, simbol, karakter, kemasan, dan
slogan/ tagline. Merek ini yang menjadi informasi verbal atau non verbal sebagai identifikasi dan pembeda suatu produk dengan yang lain. Jadi ga salah ya, kalo hampir sebagian besar waktu saya beberapa hari ini terfokus pada Brand/ Merek.

Dari artikel yang saya baca, terdapat lima elemen yang selayaknya dipakai untuk mendesain suatu brand, yaitu :

1. MEMORABLE, merek harus mudah dikenali dan diingat.

2. MEANINGFUL, merek harus punya kredibilitas dan daya sugesti, seperti menciptakan kesenangan, menarik, atau makna lain yang ingin disampaikan produk ke konsumen. Elemen ini bisa diwujudkan dalam pemilihan warna, bentuk huruf dan image visual lainnya.

3. TRANSFERABILITY, merek bersifat mobile, dapat mudah diterima baik dari sisi kategori produk maupun batasan geografis dan budaya.

4. ADAPTABILITY, merek bersifat fleksibel agar mudah diaplikasikan di fitur-fitur produk, dapat mudah diperbaharui dan disesuaikan dengan konteks.

5. PROTECTABILITY, merek jelas harus aman, baik secara hukum maupun persaingan.

Yap! now back to the job!
Let's think about the brand of our project... and make a decision :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar