Ini yang Harus Anda Pikirkan jika Menjadi PENGUSAHA


Are You An Entreprenur ?? 

Menjadi Entrepreneur atau Pengusaha memang tidak mudah, tapi tidak sedikit orang yang menggantungkan nasib dan memilih jadi seorang Pengusaha. Mungkin Anda salah satunya :)
Kabar baiknya adalah sebagian besar jutawan yang mampu mendapatkan uang dari jerih
payahnya berasal dari golongan pengusaha. Dan segala perilaku keahlian bisnis seorang pengusaha sukses ternyata dapat DIPELAJARI. 

Nah apa saja yang harus Anda pikirkan jika sudah memilih jadi Pengusaha ?

1. Tentukan Tujuan Bisnis Anda

Jika ditanya, "Apa tujuan bisnis Anda?". Tak jarang pasti akan ada jawaban "ya mencari keuntungan". Yap! itu benar. Tapi coba Kita telaah lebih dalam. Keuntungan dalam berbisnis jelas merupakan akibat hasil dari menciptakan, menjaga konsumen dan melayani mereka sehingga kita mendapatkan "keuntungan". Oleh karena itu, berpikirlah bagaimana caranya konsumen setiap saat. Kuncinya : Letakkan diri Kita di sudut pandang konsumen, sehingga kita tau apa yang konsumen inginkan.

2. Kuasai Bisnis Anda

Pengusaha jelas harus punya pemahaman tentang Bisnis yang dijalankan. Bukan hanya bisnisnya, terlebih dahulu Pengusaha pun harus mengerti tentang siapa dirinya, dan target apa yang ingin dicapai. Mulailah berpikir dari visi hidup Anda dan lanjutkan berpikir tentang masa depan Anda termasuk masa depan bisnis yang Anda jalankan.

3. Belajarlah dari Kesalahan

Pengusaha tangguh selalu mengalami kesalahan, dan belajar dari kesalahan itu.  Coba tengok, Pengusaha mana yang perjalanan bisnisnya mulus tanpa ada hambatan dan kegagalan ? Hmm.. susah ya sebutinnya :). Jadi pengusaha memang tidak mudah, karna dihantui kegagalan yang berujung pada kerugian/ kebangkrutan. Jika Anda melakukan kesalahan, coba pikirkan 3 hal ini :

  • Akui Jika Anda melakukan kesalahan, karena itu yang menjadi Kita lebih rileks dan mampu belajar lebih baik dari kegagalan itu.
  • Hindari kebiasaan menyalahkan, karena dengan menyalahkan atau mencari kambing hitam, jelas tidak menyelesaikan masalah, padahal yang diperlukan adalah solusi/ jalan keluar/ bangkit dari kegagalan.
  • Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian!

Sebagian besar  Pengusaha pernah mengalami kegagalan, bukan keberuntungan yang menyelamatkan mereka melainkan MINDSET atau pola pikir yang menjadikan mereka tangguh dan BANGKIT dari keterpurukan jadi pengusaha SUKSES.

Jadi, apa yang akan Anda pikirkan ??





Tidak ada komentar:

Posting Komentar