Manage Your Time As Well, semudah ini ??

Saya sendiri bukan orang yang lihai dalam mengatur waktu. :(

Suka keteteran ngurus ini itu, kadang ada yang kelewatan atau bahkan gagal dikerjain hanya karna ga bisa atur waktu. Bisa jadi kadang malas, nunda, ato hal lain yang bikin ga 'patuh' sama waktu yang udah diatur.

Dari berbagai sumber yang pernah didengar, dibaca ato dipelajari, memang mengatur waktu itu susah-susah gampang. Semenjak di YEA saya banyak belajar tentang ini, How To Manage Your Time as Well, dan ini beberapa cara yang sudah (dan terus) saya lakukan :

1. Schedule Board
Tulis semua agenda/ target/ tugas/ kegiatan di notes atau di Schedule Board. Buat juga reminder di mobile phone untuk yang mendesak (terutama bagi si pelupa). Ini gunanya agar Kita ga asal meng-iya-kan ajakan orang lain. Selain itu juga buat panduan kegiatan sehari-hari, apa yang harus dikerjain, apa yang harus dilakukan dihari ini ini dan hari esok.

2. Prioritas
Nah ini nih, Buat skala prioritas. Buat to-do-list mulai yang mendesak sampai yang bisa dikesampingkan. bukan dari yang penting hingga yang ga penting ya! tapi tentukan yang utama! mana yang genting mana yang penting tapi tidak mendesak :)

kenapa ini harus dilakukan ? 
  • Karena waktu kita terbatas hanya 24 jam dalam 1 hari belom dikurangi tidur, maen santai,, nah tinggal berapa jam tuh. 
  • Karena kita tidak bisa berada di dua tempat sekaligus dalam waktu bersamaan.
  • Karena setiap kegiatan punya bobot dan kepentingan yang berbeda.
3. Persiapan
Selalu pastikan dan cermati agenda-agenda yang telah kita susun tadi. kapan ketemu seseorang, dimana, untuk apa, sehingga tidak salah jadwal dan tidak tergesa-gesa karena sudah persiapan sebelumnya.

4. Reward/Punishment
Harus berani ngasih deadline untuk diri sendiri. Cara ini ampuh buat saya! yaitu ada target dan batas waktu sehingga terpacu untuk menyelesaikan tugas. Kalo ga dikasih deadline biasanya bakal adaaa ajaaa yang pada akhirnya melanggar komitmen dan dan molorr jadinya. Ketika ada agenda yang terlewat karna diri sendiri yang nunda ya harus menerima punishment, harus!. Sebaliknya, jika sudah working too hard jangan lupa juga kasih reward ke diri sendiri. misal jalan-jalan, ke salon, beli buku, ato lainnya :))

yap!, yang terakhir adalah ketahuilah kapan Prime Time Anda. Prime Time yaitu waktu saat paling optimal dari diri sendiri. Setiap orang pasti berbeda-beda. Saya sendiri sering merasa lancar ide, lancar membuat konsep, ato mengerjakan tugas saat tengah malam.

Dalam mengatur waktu, sesibuk apapun kamu tetap sempatkan diri untuk DIRI SENDIRI dan KELUARGA, untuk ber-ISTIRAHAT, ber-OLAH RAGA dan sekedar ber-SANTAI melepas penat. Ketika kita bisa memanage waktu dengan baik, berarti kita dapat menghargai diri sendiri & menghargai orang lain.

Yuk! mulai dari sekarang belajar atur waktu. saya juga terus belajar. see yaa :)))  

Schedule board, time table, n white board penuh coretan ide punya saya :D






Tidak ada komentar:

Posting Komentar