Pengen Belajar Affiliate Marketing

Apa sih Affiliate Marketing?
Membahas tentang ilmu pemasaran memang tidak ada habisnya karena terus berkembang. Sering banget denger Affiliate marketing tapi seperti apa dan bagaimana belom tau jelasnya.
Dari hasil searching n googling sana sini, akhirnya sedikit dapat tercerahkan. Sedikit berbagi ya.. biasanya yang ngebahas lagi, ngenulisnya lagi, ilmunya makin nempel :)

Ini penjelasan yang bersumber dari artikel yang ditulis oleh seorang digital marketer kece favorit saya Fikry Fatullah. Cekidot!!

Definisi sederhana dari Affiliate Marketing adalah teknik pemasaran dimana kita membantu menjual produk orang lain secara online.

Produk apa saja yang dipasarkan ? bisa produk digital kayak eBook, tiket online, buku, sampai peralatan elektrobik bahkan kini semakin beragam jenisnya. 

Pada dasarnya teknik pemasaran ini memanfaatkan jaringan internet. (diperkenalkan dan dikembangkan oleh perusahaan Amazon sejak 1994).

Prosesnya sendiri dalam Affiliate Marketing terdiri dari 3 pihak yang berperan, yaitu :

1. Produser, yaitu pihak yang memproduksi barang yang akan dijual oleh Affiliate Marketer.

2. Affiliate Marketer/Publisher, yaitu pihak yang membantu menjualkan produk dari Producer.

3. Affiliate Network, yaitu channel bertemunya Producer & Affiliate MArketer.

Affiliate Marketer akan menggunakan berbagai macam teknik pemasaran online untuk mendatangkan pengunjung & meningkatkan penjualan. Bisa memanfaatkan SEO, Social Media, Email Marketing, dll. 

Dari penjualan ini Affiliate Marketing akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan, klik atau leads. Berdasarkan perolehan komisnya itu, Affiliate Marketer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Pay Per Sales, yaitu komisi didapat dari setiap penjualan yang terjadi. Besarnya sendiri rata-rata sebesar 5%-50% tapi ada juga yang memberikan komisi hingga 75%, yang artinya bisa jadi seorang Affiliat Marketer akan mendapat keuntungan yang lebih besar daripada Producer yang membuat produk.. mmmm.... menggiurkan :D

2. Pay Per Click, yaitu komisis didapat dari setiap pengunjung yang meng-klik link yang diberikan oleh Affiliate Network. Link ini juga yang akan mengarah langsung pada produk yang dipasarkan. Cara ini bertujuan untuk mendatangkan banyak pengunjung menuju suatu produk.

3. Pay Per Leads/ Pay Per Action/ Pay Per Performance, yaitu komisi didapat dari pengunjung (seperti Pay Per Click) walaupun pengunjung tersebut tidak membeli produk. Kegiatan ini bertujuan untuk collect data yang diperlukan oleh Producer/Affiliate Network.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mungkin mudahnya Affiliate Marketing itu seperti yang dijelasin diatas, tapi seperti apa prosesnya dan teknik-tekniknya jelas perlu belajar lagi. Alasan itu yang pengen banget ke Bandung buat ikut acara ini :

Semoga bisa ikut event keren ini. Amiiiiinnnnnnnnnnnnn :)

1 komentar:

  1. dah jadi ikut belum mbak? aku dah daftar yg batch 3 tapi sampe skrg belum ada barengannya dari jogja :'(

    BalasHapus