Memilih Bisnis Online? Jangan lupakan ini


Memilih Bisnis Online? Jangan lupakan ini :

Saat ini bisnis tidak melulu dengan membuka gerai toko. Banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berjualan secara online dan itu menggiurkan. Bagaimana tidak, dengan memilih bisnis online tentu saja tidak perlu membayar sewa outlet, jumlah karyawan yang lebih efisien, biaya marketing juga bisa jauh ditekan. Oleh karena itu tak jarang bisnis online juga banyak disebut sebagai bisnis "tanpa" modal.

Tapi bukan berarti tidak ada biaya ya, bisnis online justru ada biaya khusus yang jika dilupakan  bisa fatal. "kecil tapi penting" yaitu biaya emosi/rasa yang harus ditambahkan. 

Suatu ketika saya membaca sebuah posting di wall facebook teman yang sedang mengeluhkan pelayanan sebuah olshop (toko online) dimana dia merasa dirugikan sebagai pembeli. Saya & pembaca lain yang melihat otomatis ikut terbakar emosi karena tak rela jika teman mengalami kejadian buruk. komentar-komentar pun berdatangan dan menjadi topik tentang olshop yg dituju.

Entah kenapa dari hal itu jadi teringat bahwa konsumen dari bisnis online juga perlu perlakuan khusus. karena apabila mereka komplain bisa jadi marah lebih kasar dan keras daripada yang tatap muka. Mereka hanya menggunakan pilihan kata-kata yang bisa diartikan berbeda secara emosi oleh pembaca. iya bukan?! Kalo bertatap muka jelas ada intonasi, gesture, mimik muka yang berperan, klo bisnis online wajah memelas juga ga kelihatan, jadi penjelasan apa saja yang dilakukan via kata2 bisa jadi berubah makna :D

Ini yang penting diingat, para pembeli online biasanya memiliki persamaan, yaitu maunya cepat dan mudah. oleh karena itu, apabila ada masalah dengan produk/pelayanannnya, mereka cenderung minta cepat dan mudah diselesaikan, direspon atas keluhannya  untuk mendapatkan solusi.

Untuk itu, bagi pebisnis online perbanyak channel dengan konsumen. Buka chat room, beri akses nomor telepon yang bisa langsung di jawab, jawab e-mail konsumen dengan segera dan berikan alternatif solusi dari keluhan itu. Dengan demikian konsumen merasa diperdulikan atas masalahnya dan tidak akan "cuap-cuap" yang mencemarkan nama baik bisnis kita. Selamat berbisnis online... ^.^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar