5 Mitos & Fakta Seputar Diet

Berbicara tentang mitos memang tidak ada habisnya. Berbagai macam cerita telah disampaiakan dari katanya si katanya dan seterusnya. Mitos adalah sesuatu hal yang belum dapat dipastikan keabsahannya.
Berikut ini adalah beberapa contoh mitos & fakta tentang DIET :


1. Mitos : Makan malam bikin gemuk
Fakta : kegemukan terjadi karena jenis makanan yang dikonsumsi, bukan karena waktu makan, seperti makan malam terlaru larut, misalnya. Meski kita mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori pada sore hari, kalori yang berlebihan tetap akan disimpan tubuh menjadi lemak. Apabila Kita terpaksa begadang karena menyelesaikan tugas, makan pada larut malam justru bermanfaat ntuk memasok kebutuhan kalori yang telah terpakai.

2. Mitos : Karbohidrat menggemukkan
Fakta : Seperti bahan makanan yang lain, karbohidrat akan menambah berat badan bila dikonsumsi berlebihan.

3. Mitos : Daging ikan tidak mengandung kolesterol
Fakta : Semua ikan mengandung lemak dan kolesterol, dan hanya sebagian besar ikan yang mempunya kadar lemak jenuh dan kolesterol yang lebih rendah dari daging lainnya. Ikan-ikan tertentu seperti sarden, makarel, dan salmon, justru mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

4. Mitos : Air Dingin mengikis lemak
Fakta : Hal ini tidak sepenuhnya benar. Energi yang dikeluarkan saat tubuh menghangatkan air memang untuk membantu tubuh menjadi kurus. Air memang dapat membantu membuang energi dengan membuang garam berlebih dari tubuh. Namun untuk dapat melakukannya tubuh emmbutuhkan banyak air. Oleh karena itu, minumlah air sekurang-kurangnya depalapn gelas setiap hari.

5. Mitos : Kopi sahabat diet
Fakta : Kafein memang stimulan yang berfungsi mengeluarkan lemak sehingga otot membakar lemak. karena itu, banyak atlet yang mengkonsumsi kafein sebelum bertanding agar memiliki daya tahan dan stramina yang prima saat bertanding. Namun, jika kita minum kopi dengan tujuan untuk menurunkan berat nadan, coba dipikirkan sekali lagi, karena adanya gula yang terkandung dalam sebuah seduan minuman kopi itu. Dan lagi, jika kita meminumnya lebih dari dua gelas sehari, tentu efek stimulasi itu tidak akan terjadi. Dan yang akan dirasakan justru tremor dan sakit kepala.

Jadi masih percayakah Anda pada MITOS ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar